Pemasaran Langsung
Terdapat perhatian yang semakin meningkat dalam usaha baru yang
melibatkan pemasaran langsung. Ia memberi peluang yang menguntungkan
dibanding tipe pemula lainnya karena wirausahawan biasanya menanggung
resiko modal awal kecil dan bisa mendapatkan manfaat dari usaha
pemasarannya pada pelanggan tertentu yang bisa dijangkau melalui teknik
pemasaran langsung. Karena pemasaran langsung adalah pendekatan
kewirausahaan khusus dan ia menawarkan beberapa keuntungan yang sama
seperti franchise.
a. Definisi pemasaran langsung
Pemasaran langsung bisa dinamakan pengiriman pos langsung, pengiriman
pesanan melalui pos, dan tanggapan langsung. Semuanya termasuk kategori
pemasaran langsung karena semuanya melibatkan “aktivitas total di mana
penjual mempengaruhi transfer barang dan jasa pada pembeli”, mengarahkan
usahanya pada pemerhati dengan menggunakan satu media atau lebih yaitu
tujuan mengumpulkan tanggapan melalui telepon, pos, atau kunjungan
pribadi dari calon pelanggan.
Inovasi yang mempercepat pertumbuhan pemasaran langsung
Pertumbuhan pemasaran langsung telah dipercepat dengan sejumlah inovasi
penting. Kartu kredit misalnya mempercepat transaksi pesanan melalui
pos, bisa menghindari pembayaran kontan. Perkembangan komputer
memungkinkan penyimpanan sejumlah besar data, misalnya mengenai
pembayaran, daftar barang dan lain-lain. Pertumbuhan media surat kabar
dan siaran televisi serta radio juga membantu mempercepat pertumbuhan
teknik pemasaran langsung.
Ketika faktor demografi seperti peningkatan pendidikan, pendapatan, dan
gaya hidup berubah, semakin banyak dikembangkan kenyamanan dan efisiensi
dari pemasaran langsung. Konsumen bisa menggunakan telepon atau pos
untuk membeli kebutuhan rumah tangga hingga barang-barang mewah.
b. Keuntungan pemasaran langsung
Keuntungan utama dari pemasaran langsung adalah kemudahan untuk masuk
dalam usaha pemasaran langsung tanpa ijin usaha yang rumit dan
persyaratan ketrampilan dan pendidikan yang perlu.
Di samping kemudahan untuk masuk dalam usaha, kebutuhan modal yang
diperlukan untuk masuk dalam usaha pemasaran langsung juga minimal.
Tidak diperlukan fasilitas besar, toko atau jumlah karyawan yang besar
untuk masuk dalam usaha pemasaran langsung. Modal yang diperlukan
biasanya digunakan untuk percetakan pengeposan dan daftar-daftar
lainnya. Semuanya ini bisa dilakukan sebagai usaha paruh waktu hingga
usaha ini mendatangkan aliran kas yang bisa mendukung usaha penuh. Hal
ini berbeda dengan usaha baru lainnya yang membutuhkan kerja keras dan
perhatian penuh dari wiraswastawan.
Usaha pemasaran langsung juga memungkinkan wirausahawan untuk masuk ke
pasar dengan cepat. Produk dan jasa bisa diuji untuk menentukan minat
pelanggan dengan biaya minimum. Jika produk atau jasa tertentu berhasil,
penawaran bisa dengan mudah diperluas untuk memenuhi permintaan
potensial terhadap produk tertentu tersebut.
Pertimbangan pemula yang penting
Sebagaimana halnya dengan usaha-usaha baru, wirausahawan perlu
memecahkan masalah penting tertentu. Wirausahawan bisa mulai usaha
pemasaran langsung paruh waktu dengan modal kecil. Masalah yang penting
dengan biaya overhead yang kecil ini adalah penggunaan kota pos atau
alamat jalan, apakah memungkinkan penggunaan kartu kredit dan penggunaan
kiriman bebas bea.
Alamat jalan akan memberikan kredibilitas bagi usaha-usaha baru dan
karena hal ini merupakan tujuan itu sendiri yang harus diberikan
prioritas. Alamat jalan memungkinkan pelanggan setempat melihat produk
dari dekat.
Penggunaan kartu kredit meningkatkan hasil potensial. Ia juga menambah
kredibilitas dan memberikan kenyamanan pada pelanggan. Hal ini mungkin
penting untuk produk-produk mahal karena memungkinkan pelanggan untuk
membiayai pembeliannya.
Penggunaan pengiriman bebas bea mungkin menambah pengeluaran bagi
wirausahawan. Akan tetapi hal ini akan meningkatkan tanggapan pelanggan
karena mempermudah untuk memesan.
c. Teknik alternatif pemasaran langsung
Sejumlah strategi alternatif bisa digunakan oleh wirausahawan pada usaha-usaha pemula
1. Periklanan terklasifikasi (classified advertising)
Pendekatan paling sederhana dan tidak mahal bagi wirausahawan adalah
iklan terpilih pada surat kabar dan majalah. Majalah atau surat kabar
hendaknya diidentifikasi yang akan mencapai pasar produk/jasa yang
tepat. Iklan terklasifikasi bisa mendatangkan hasil laba yang tinggi.
2. Periklanan display (display advertising)
Tipe periklanan ini memungkinkan wirausahawan membeli kolom pada majalah
atau surat kabar. Ia memberi peluang untuk menjelaskan secara gamblang
mengenai gambaran produk jasa. Di samping itu kupon potongan harga bisa
dimasukkan dalam iklan terebut sehingga pelanggan bisa memotongnya untuk
dikirimkan bersama pembayarannya.
3. Kiriman pos langsung (direct mail)
Teknik ini memungkinkan wirausahawan untuk mengirim barang yang dijual
secara langsung kepada calon pelanggan. Teknik ini hendaknya digunakan
ketika terdapat produk dan segmen pasar yang jelas.
4. Katalog penjualan (catalog sales)
Pencetakan katalog berkualitas merupakan investasi yang sangat mahal
bagi wirausahawan. Walaupun ini lebih mudah dibandingkan menjual di toko
eceran, katalog harus menarik dan merangsang minat pelanggan.
Keuntungannya adalah bahwa katalog memungkinkan penjualan berulang
karena katalog mungkin disimpan untuk digunakan di masa yang akan
datang.
5. Pemasaran tanggapan langsung media (media direct response marketing)
Radio, televisi, dan telepon mungkin dipandang sebagai pendekatan
alternatif untuk pemasaran produk atau jasa. Radio dan televisi
dipandang sebagai bentuk periklanan media siaran.
Dalam membeli waktu siar dan bukannya ruang, sebagaimana iklan display,
wiraswastawan menghadapi masalah yang berbeda. Dalam membeli waktu,
tidak ada jadwal yang tersedia yang mempersulit perencanaan. Biaya-biaya
akan berbeda, tergantung pada waktu, stasiun, panjang iklan dan ukuran
pendengar dan pemirsa yang mungkin dicapai.
Telemarketing juga menjadi metode menjual produk atau jasa yang sangat
populer. Biaya-biaya bisa ditekan hingga minuman namun tetap mencapai
pendengar dan pemirsa yang luas. Keuntungan telemarketing adalah bahwa
ia memberikan umpan balik langsung kepada pemakai. Jadi tingkat
tanggapan lebih tinggi dibandingkan dengan metode lain. Wirausahawan
bisa mengidentifikasi komunitas dengan percakapan telepon menurut
demografi kepada orang-orang yang kemungkinan besar menjadi produk/jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar